Apakah Wahabisme itu Kufur?

Kaum Wahabi mempunyai akidah yang mengerikan tentang Allah (seperti anthropomorphisme dan memberikan batasan-batasan dan kelemahan) dan membuat penghinaan yang mengerikan terhadap Rasul Allah (shalla Allahu `alayhi wa sallam), yang pada intinya merendahkan status beliau sebagai orang tua biasa dan melarang untuk mencintainya secara mendalam (na`udzubillah). Lebih dari itu, mereka menyangkal akidah Ahl as-Sunna mengenai Awliya dan bahkan membuat takfir pada Sayiddna Abdul Qadir Jilani dan Imam al Ghazali. Bagaimana posisi para ulama Sunni terhadap orang-orang ini? Apakah ada ijmaa bahwa mereka adalah kuffar?

 

Jawaban:

wa `alaykum salam,
Semua yang Anda katakan adalah benar, tetapi posisi dari syuyukh kita adalah tidak membuat takfir terhadap siapa pun yang termasuk Ahl al-Qiblah, melainkan berusaha untuk menemukan apa yang dapat menyatukan kita dan memperbaiki apa yang salah melalui instruksi, teguran, dan peringatan. Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani mempunyai satu seri shuhbat yang ditujukan untuk mengoreksi Wahabi, yang berjudul “Wahai Ulama Salafi dan Wahabi”, di mana beliau dengan jelas berbicara kepada mereka menggunakan istilah-istilah yang terhormat, seperti `ulama, cendikiawan, dan bukan sebagai orang kafir, namun demikian di dalam pembicaraannya ini beliau berusaha untuk memperbaiki pemahaman mereka yang menyimpang dari akidah.

Bacalah apa yang dikatakan oleh Syekh Gibril di dalam posting berjudul “Deobandi, Jemaah Tabligh dan Wahabi:

Tidak, kita tidak menyatakan bahwa mereka adalah kafir. Sebaliknya, kita mengecam apa yang salah dan kita menyerukan apa yang benar walaupun pahit, tanpa memihak; dan kita ucapkan sebagaimana Allah (swt) berfirman dan sebagaimana kaum Rabbani terdahulu yang telah mendapat petunjuk mengajarkan kepada kita, {Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba- lombalah di dalam (membuat) kebaikan. Di mana pun kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada Hari Kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.} (2:148).

Dan Allah Maha Mengetahui. Semoga Dia menyatukan kita semua dan mengembalikan kita kepada-Nya sebagai pengikut Sunnah dan bagian dari jemaah.

Taher Siddiqui
http://eshaykh.com/doctrine/is-wahabism-kufr/

About Haqqani Indonesia

Naqshbandi Haqqani Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Haqqani di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: