Apakah Makna dari Kaf Ha Ya `Ayn Shad?

Apakah makna dari Kaf Ha Ya `Ayn Shad pada awal dari Surat Maryam?

Jawaban:

Pada awal Surat Maryam, Kaf adalah sebuah huruf, Ha adalah sebuah huruf, Ya adalah sebuah huruf, `Ayn adalah sebuah huruf, dan Shad adalah sebuah huruf.  Dan sebagaimana yang dikatakan oleh Ibn `Abbas (r)  dan muhaqqiqiin lainnya serta para muhadditsiin, bahwa mereka adalah huruf-huruf.  Dan dikatakan bahwa itu adalah sebuah nama, salah satu Nama Suci Allah (swt), min Asmaa’ihi ‘l-Husna.  Kelima huruf ini menggambarkan lima Asmaullah yang berbeda.  Itulah sebabnya Sayyidina Zakariyya (as) memulai doanya dengan Kaf Ha Ya `Ayn Shad, karena setiap doa mempunyai sesuatu yang bila kalian mengetahui rahasianya, atau metode atau cara pendekatan untuk mendekati Allah (swt), permintaan kalian akan dikabulkan.  Dan beliau tahu apa yang ada di balik Kaf Ha Ya `Ayn Shad, dan itulah sebabnya beliau memanggil Tuhannya menggunakan Kaf Ha Ya `Ayn Shad, dan itulah sebabnya doanya dikabulkan.

Itulah sebabnya mengapa di dalam doa kita membaca Ya Kaf Ha Ya `Ayn Shad, karena itu adalah Ismun min Asmaau’Llah, Nama dari Asmaul Husna wal Sifat.  Sama halnya dengan Ya Ha Mim `Ayn Sin Qaf. Huwa ismun min Asmaau’Llah, itu adalah Nama dari Asmaul Husna wal Sifat. Ya Ha Mim, Ya Ya Sin, Ya Tha Ha – itu semua adalah Nama-Nama Allah (swt), sebagaimana yang dikatakan oleh Ibn `Abbas (ra).  Itu semua adalah Nama-Nama Ilahiah.  Itulah sebabnya di dalam doa, kita membaca Bismillahi ‘r-Rahmani ‘r-Rahiim, Kaf Ha Ya `Ayn Shad, Ha Mim `Ayn Sin Qaf, Iyyaka na`bud wa iyyaka nasta`iin. Allahu Lathiifun bi `ibaadihi yarzuqu man yasyaa.

Syekh Hisyam Kabbani

[dari Tafsir Surat Maryam diambil dari Ruh al-Bayan karya Syekh Isma`il Hakki Bursevi]

Posted on April 3, 2016 by Shaykh Muhammad Hisham Kabbani
http://eshaykh.com/quran-tafsir/meanings-of-the-muqataat/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: