Mengambil Bay’at tetapi Tidak Memelihara Janggut

Posted on October 6, 2014 by Staff

 

Pertanyaan:

Bismillahir Rehmanir Rahiim

Assalam Alaikum Wa Rehmatullah,

Saya ingin bertanya mengapa di dalam tarekat ini banyak orang yang datang dan mengambil bay’at secara online atau secara bertatap muka, tetapi kebanyakan dari mereka tidak berjanggut atau mereka mencukur janggutnya.  Bagaimana keabsahan bay’at mereka?

Saya membaca di dalam sebuah buku bahwa sebuah bay’at adalah mengenai pemenuhan Syariah dan barang siapa yang melanggarnya berarti telah menghancurkan diri sepenuhnya dan tidak ada yang tersisa darinya.

Jazak Allah

 

Jawaban:

Wa `alaykum salam,

Silakan lihat jawaban Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani dalam posting berjudul Menjaga Tradisi Rasulullah (s) dan “Apa Yang Menyebabkan Pemutusan Bay’at

Dalam shuhba yang diberikan pada tanggal 4 Januari 2014, Mawlana Syekh Hisyam (q) berkata,

Di masa lalu, mereka tidak akan memberi bay’at dengan mudah dan syuyukh kita, Mawlana Syekh Nazim Adil al-Haqqani (q), Grandsyekh `AbdAllah al-Fa’iz ad-Daghestani (q) dan seluruh Silsilah Keemasan Tarekat Naqsybandi tidak diberi wewenang untuk memberi bay’at.  Saya ingat bahwa Grandsyekh (q) memberi bay’at hanya kepada dua orang dan tidak kepada yang lain, karena bay’at mempunyai persyaratan.  Kalian harus sungguh-sungguh mempelajari Syari’ah, artinya kalian harus menyelesaikan dulu pejalaran tafsir Qur’an, hadits, dan fiqh.  Ketika kalian telah membangun infrastruktur kalian, barulah mereka dapat memberi bay’at.

Jadi bay’at tidaklah murah, tetapi ketika Grandsyekh (q) wafat dan tarekat diteruskan oleh Mawlana Syekh Nazim (q), beliau banyak melakukan perjalanan dan melihat banyak kegelapan di seluruh dunia.  Beliau ingin agar setiap orang dibusanai dengan Rahmat Allah, sehingga beliau memberikan bay’at kepada setiap orang yang datang dan memintanya, baik secara fisik, melalui telepon, lewat website atau melalui salah satu perwakilannya yang tersebar di seluruh dunia, karena Mawlana Syekh  Nazim (q) mempunyai ribuan perwakilan.  Mereka diberi wewenang untuk memberi bay’at dan menyebarkan Rahmat itu.  Jadi dengan rahmat inilah kita diberkati dan itulah sebabnya sekarang bay’at diberikan tanpa mengecek terlebih dahulu, bay’at sekarang hanya untuk membawa Rahmatullah tersebut.  Semoga Allah memberikati kita, mengampuni kita, dan menerima dari kita.  Bi hurmati ‘l-habiib, bi hurmati ‘l-Fatihah.

Staff

http://eshaykh.com/sufism/beardless-taking-baya/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

One Response to “Mengambil Bay’at tetapi Tidak Memelihara Janggut”

  1. Saya setuju dengan jawaban anda
    Karena pengambilan bay’at/talkin sekarang ini tidak lagi seperti dimasa lalu yang mengharuskan orang-orang suluk terlebih dahulu baru dibay’at/talk in.

    Dan bila hati sudah terisi oleh dzat yang memberi kehidupan, niscaya syariat akan ikut berjalan. Apalagi didalam tharekat bila sudah terbay’at akan tertantang melakukan riyadhoh dan macam-macam shalat sunnah. Saat melaksanakan riyadhah seperti ini, tidak mungkin para salik (murid tharekat) melakukannya dengan asal jadi, tetapi mempelajari dari dasar agar tidak sia-sia.

    Perjalanan seseorang untuk melaksanakan sunnah tidaklah langsung jadi, melainkan bertahap.
    Mengambil bay’at saja sudah sangat luar-biasa. Kita wajib mensyukuri orang tersebut sudah masuk dalam golongan kita.
    Jangan menjudge seseorang terlebih dahulu. Mungkin saja makam orang tersebut lebih tinggi dari kita walau dia di-bay’at belakangan.
    Salam🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: