Menghadiahkan Pahala Qurban

Posted on September 9, 2014 by Shaykh Gibril Fouad Haddad

 

Pertanyaan:

Assalamu alaykum,

  1. Apakah diperbolehkan/apakah mungkin untuk memberikan qurban berupa sebagian dari sapi dengan niat memberikan pahalanya kepada orang yang telah meninggal dunia? Saya ingin mengikutsertakan nenek saya yang telah meninggal dunia. Mohon nasihatnya.
  2. Apakah diperbolehkan/apakah mungkin memberi qurban atas nama Nabi kita tercinta (s). Jika ya, bagian mana dari hewan itu yang dikurbankan atas namanya?
  3. Bagaimana aturannya jika hal ini dimungkinkan untuk dilakukan dengan cara yang dapat diterima … apakah bacaan sebelum melakukan tindakan pengorbanan.
  4. Qurban ini akan dilakukan di negara lain dan saya tidak akan hadir secara fisik untuk mengawasi pengorbanan. Saya diberitahu oleh keluarga saya bahwa memberikan qurban bagi mereka yang telah meninggal dunia tidak diperbolehkan.

 

Jawaban:

Alaykum Salam,

Menyembelih dan mendistribusikan qurban untuk kepentingan orang-orang yang telah meninggal adalah diperbolehkan seperti halnya doa kita juga bermanfaat untuk mereka, sebagaimana disebutkan dalam Aqidah Tahawiyya.  Pahala atas segala macam ibadah tanpa kecuali dapat dihadiahkan kepada Nabi (s) dan kepada orang lain di antara umatnya, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia.  Silakan lihat di Masa’il khatsura hawlaha al-niqasy wal-jadal (Materi yang sering dibahas dan pertanyaan yang dapat menimbulkan sengketa) oleh Habib Zayn b. Sumayt, semoga Allah melindunginya.

Namun demikian, apa yang dihadiahkan adalah pahala untuk qurban secara keseluruhan, bukan bagian-bagiannya yang ini, itu atau hanya sebagian.

Pernyataan niatnya adalah: “Qurban dipersembahkan kepada Allah (swt) oleh [Nama orang yang membayar dan berniat untuk itu] untuk kepentingannya sendiri dan untuk [orang-orang yang menerima hadiah dari pahala itu, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia].”

Dan Allah Maha Mengetahui.

 

Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/doctrine/donating-qurban/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: