Adab terhadap Rambut Suci Nabi (s)

Posted on April 26, 2014 by Taher Siddiqui

 

Pertanyaan:

Assalam Alaikum Wa Rehmatullah,

Syekh yang terhormat, saya ingin mengajukan pertanyaan yang sangat penting.  Saya telah diberi hadiah berupa sehelai rambut suci Nabi (s), dimasukkan ke dalam sebuah kotak dari relik suci.  Bagaimana cara mengetahui bahwa itu asli atau tidak, dan yang paling penting, bagaimana saya dapat menyimpannya di rumah saya, untuk memberikan penghormatan penuh dan mendapatkan berkahnya.  Di rumah saya ada TV, komputer, dan tetangga kadang bernyanyi dengan suara keras sehingga terdengar sampai ke rumah.  Bagaimana saya harus menyimpan rambut suci Nabi (s)?  Saya tidak mempunyai sumber keuangan sehingga saya tidak dapat membuatkan kamar khusus, apa yang harus saya lakukan?

Jazak Allah 

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Anggaplah bahwa itu sungguh asli, begitulah adab yang benar.  Perlakukan rambut suci Sayyidina Muhammad (s) dengan penuh hormat.  Letakkan ia di dalam sebuah wadah gelas yang diberi wewangian, jika memungkinkan pasang rambut suci itu pada lilin atau tanah yang dicampur dengan musk.  Bungkus wadah itu dengan kain; para syuyukh kita biasanya membungkusnya dengan 40 helai kalin.  Letakkan wadah yang telah dibungkus kain itu di dalam sebuah kotak kayu dan letakkan di tempat yang tinggi sebagai penghormatan, sebagaimana yang Anda lakukan terhadap kitab suci al-Qur’an.  Bila Anda ingin mengeluarkannya, mainkan atau bacalah shalwat secara kontinu dan keluarkan rambut suci itu dengan penuh cinta dan penghormatan, lalu biarkan orang-orang mencium wadah gelasnya.  Ini adalah praktik yang dilakukan oleh para Masyaykh kita.  Dan Allah Maha Mengetahui.

Doakan untuk Mawlana Syekh agar dipanjangkan umurnya dan agar beliau segera dipulihkan di hadapan rambut suci dan beri salam kepada Sayyidina Muhammad (s) dari Masyaykh kita dan dari diri kita.

Taher Siddiqui

http://eshaykh.com/uncategorized/hair-of-prophet-sal-allahu-alaihi-wasalam/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

