Bay’at Tabarruk dengan Syekh Nazim

Posted on April 10, 2014 by Taher Siddiqui

Pertanyaan:

Asalamualaikum warehmatallah,
Saya adalah murid dari seorang Syekh Naqsybandi.  Saya sangat menghormatinya, namun demikian saya tertarik dengan Syekh Nazim tetapi saya enggan mengambil bay’at karena Syekh saya.  Saya kemudian ngobrol dengan beberapa murid di Haqqanisoul.com yang mengatakan bahwa mengambil bay’at dengan Syekh Nazim bagaikan nuur `ala nuur, saya sudah menunggu hal seperti ini sehingga saya bersama murid lain langsung mengambil bay’at dengan Sheikh Nazim…tetapi setelah saya membaca beberapa posting tentang bay’at saya merasa sangat bersalah karena tidak meminta izin dari Syekh saya, karena saya tidak sering bertemu dengannya (beliau tinggal di tempat yang cukup jauh).  Saya tidak bisa memperbaiki kesalahan saya dengan segera memohon izinnya.  Mohon bimbingannya.

 

Jawaban:

wa `alaykum salam wa rahmatullahi wa barakatuh,

Baya` tabarruk, bay’at untuk keberkahan adalah “Cahaya di atas Cahaya”, jadi jangan khawatir.  Anda masih tetap di dalam bay’at dengan Syekh Anda dan harus menjaga adab terhadapnya.  Jika pada suatu saat Anda merasa ingin mengambil bay’at sebagai murid Syekh Nazim, maka Anda harus mendapat izin dari mursyid Anda yang masih hidup.

 

Taher Siddiqui

http://eshaykh.com/sufism/bayah-12/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

