Muraqabah dan Rabithah

Posted on February 26, 2014 by Taher Siddiqui

 

Pertanyaan:

asakaamualaykum,

Saya mempunyai beberapa hal yang ingin ditanyakan dan terima kasih atas pertolongannya.

1) Saya baru membaca bahwa ada beberapa level, saya bingung, dapatkah Anda mengklarifikasi mengenai hal ini?

2) Juga, apakah salah satu diantaranya adalah meditasi?

3) Berapa lama saya harus melakukan wirid harian?

4) Dapatkah saya melanjutkan ke tingkat berikutnya jika saya merasa telah siap?

5)  Praktik apa yang dapat saya lakukan untuk membantu saya secara spiritual karena saya juga membaca di web ini bahwa pertama saya harus melakukan wirid harian, lalu meningkatkannya lagi dengan doa lainnya.

 

Saya telah  menjadi murid beberapa bulan yang lalu dan ingin mengklarifikasi semua hal ini.

Jazakhallah dan semoga Allah memberkati Mawlana Syekh Nazim dan semua Syekh dan orang yang membantu dengan situs ini. Amiin.

 

Jawaban:

wa `alaykum salam,

1) Ya, ada beberapa level yang berbeda.  Bacalah buku “The Sufi Science of Self-Realization.”

2) Meditasi (Muraqabah) sangat membantu dalam meningkatkan level.  Dalam jalan kita, Anda tidak pernah tahu di level mana Anda berada.

3) Bacalah hingga selesai.  Anda dapat memotongnya dalam beberapa bagian dalam sehari, atau melakukannya sekaligus.

4) Sebuah tanda akan diberikan oleh Syekh

5) Konsistenlah dalam melakukan wirid harian, dengarkan nasihat Syuyukh di dalam Sufilive.com sedapat mungkin, dan hadiri Zikir Khatm Khwajagan setiap minggu jika mungkin.  Juga berikan sebagian pendapatan Anda, jika memungkinkan untuk mendukung kegiatan Syekh, dengan demikian Syekh mempunyai kewajiban untuk mendoakan Anda.

 

Taher Siddiqui

http://eshaykh.com/sufism/muraqaba-and-rabita/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

