Apakah Boleh Berkumpul dengan Awliya dan Orang Saleh selain Mursyid Kita?

Posted on October 10, 2013 by Taher Siddiqui

 

Pertanyaan:

Aslamu alaiykum,

Saya berharap Anda dalam keadaan sehat wal afiat, in sya Allah.

Saya berasal dari Inggris dan seperti yang Anda ketahui kejahatan telah menyebar ke segala penjuru dunia, hati saya merindukan berkumpul dengan orang-orang yang baik, saya ingin pergi menemui orang yang saleh dan Awliya Allah untuk berkumpul bersama mereka dan belajar dari mereka. Masalahnya adalah orang-orang mempertanyakan saya, mengapa saya harus melakukan hal itu, mereka berkata bahwa saya mempunyai Maulana Sheikh Nazim, jadi saya tidak memerlukan yang lain lagi.  Mereka juga mengatakan kepada saya bahwa bay’at thalib tidak boleh dilakukan dari Awliya Allah.  Saya dituduh tidak mencintai mursyid saya, padahal itu tidak benar.  Saya juga mendengar bahwa Maulana Syekh Nazim menganjurkan agar orang mendatangi Awliya lainnya untuk berkumpul bersama mereka dan belajar dari mereka.  Apa yang harus saya lakukan?

 

Jawaban:

Wa `alaykum salam,

Tanyakan pada orang-orang itu apakah mereka selalu berada dalam hadirat mursyid mereka sepanjang waktu?  Jika tidak, dan jika mereka tidak berhasil membangun rabithah di mana Mawlana Syekh senantiasa membimbing mereka secara terus-menerus melalui kalbu mereka, maka mereka tidak boleh mengganggu Anda, karena Anda berusaha untuk berkumpul dengan orang-orang yang saleh dan diberkati untuk memperoleh manfaat dan belajar dari mereka.  Lanjutkan untuk berkumpul dengan awliya dan hamba Allah yang ikhlas di sekitar tempat tinggal Anda, tetapi ketahuilah bahwa apapun manfaat spiritual yang Anda peroleh, itu dikirimkan kepada Anda *melalui* mursyid Anda.

 

Taher Siddiqui

http://eshaykh.com/sufism/talib-barakah-bayah-from-awliya-allah/

 

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

