Pertanyaan mengenai Sayyid Bukhari

Posted on September 17, 2011 by Shaykh Gibril Fouad Haddad

 

Pertanyaan:

Salam Alaykoum Wr. Wb,

Berikut ini beberapa pertanyaan yang terkait dengan pertanyaan saya sebelumnya:

1.  Menjadi seorang anggota keluarga Syed Bukhari, bagaimana mereka dapat mengenali keluarga Syed lainnya?
2.  Seorang pria dari Syed Bukhari, dapat menikah dengan wanita non-Syed, apakah kebalikannya dapat berlaku?
3.  Apakah seorang wanita Syed tidak diperbolehkan untuk memperlihatkan wajahnya kepada pria dari keluarganya dan di luar keluarganya?
4.  Jika seorang wanita Syed menikah dengan non-Syed, apakah benar di akhirat nanti suaminya akan dimasukan ke dalam neraka?
5.  Jika ibunya seorang non-Syed, bahkan tidak seorang pun wanita di kelurganya yang aslinya adalah Syed, oleh sebab itu bagaimana mungkin silsilahnya 100% adalah Syed?

 

Saya sadar bahwa pertanyaan saya kurang beradab, tetapi lebih baik bertanya daripada tidak tahu.  Terima kasih untuk waktunya, semoga Allah melindungi Anda semua,

JazakAllah!

Wasalam

 

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Silsilah Sayyid diketahui dari reputasi historis yang tersebar secara luas dan biasanya didukung dengan silsilah keluarga dan dokumen tertulis lainnya yang disahkan oleh ahli silsilah setempat.   Di antara silsilah keluarga yang terkuat adalah seperti yang ditemui di Maroko.    Seorang wanita Sayyid boleh menikah dengan seorang non-Sayyid, tetapi lebih disukai bila keduanya tergolong Sayyid.  Sedangkan mengenai memperlihatkan wajah, berlaku aturan yang sama dengan semua wanita: yaitu diperbolehkan, kecuali jika mengarah kepada fitnah, maka hal ini tidak diperbolehkan.  Dalam hal ini, tidak ada perbedaan antara wanita Sayyid dan non-Sayyid.  Mengenai klaim bahwa “Jika seorang wanita Syed menikah dengan seorang non Syed, maka di akhirat suaminya akan dimasukan ke dalam neraka,” ini adalah suatu kebohongan yang konsekuensinya sangat berat, karena ini berarti bahwa dua di antara Khulafa’ ar-Rasyidin berada di neraka!!  Mengenai silsilah Sayyid, itu adalah berdasarkan pada ayahnya dan dapat dikatakan 100%  Sayyid bahkan jika ibunya adalah non-Sayyid.

 

Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/doctrine/syed-bukhari-lineage-related-questions/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: