Memakai Celana Pendek

Posted on February 27, 2013 by Staff
Pertanyaan:
Apakah diperbolehkan memakai celana pendek ketika berpartisipasi dalam olahraga seperti lari, bersepeda, berenang, dll.?
Jawaban:
Beberapa pandangan dalam mazhab Imam Malik bin Anas [semoga Allah rida terhadapnya]
Berikut ini kutipannya:
Imam Malik membedakan antara aurat Mughalladha[berat] dan aurat Muhakhaffafa[ringan].  Bagi pria aurat mughalladha adalah bagian-bagian pribadi sedangkan bagian tubuh lainnya dianggap sebagai mukhaffafa.  Seorang pria tidak boleh memperlihatkan aurat mughalladha di depan umum, tetapi Ja-iz [diperbolehkan] untuk mengekspos aurat mukhaffafa jika ada suatu keperluan.  Sebagian orang berpendapat bahwa mengekspos aurat mukhaffafa di depan umum adalah Makruh (seperti dalam sepak bola seperti yang Anda sebutkan).  Jika kita mempertimbangkan mazhab Imam Malik maka berpartisipasi dalam sepak bola mengenakan celana pendek dengan bagian paha terlihat adalah diperbolehkan atau paling tidak makruh, tetapi tidak dilarang.   Mazhab lainnya seperti Syaafi’iyyah, Ahnaf /Hanafiya dan Hanabila/Hanbali mungkin berbeda dengan Imam Malik dalam hal aurat berat dan ringannnya, tetapi ini adalah sebuah pendapat di dalam keempat mazhab yang telah disebutkan dan dipertimbangkan selama lebih dari seribu tahun.
Syekh Muhammad Allie Khalfe

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: