Tarekat Baru

Pertanyaan:
As-Salamu alaykum wa Rahmatu l-lahi ta’ala wa Barakatuh,
Saya percaya Anda dalam keadaan baik. Mohon maaf mengganggu Anda.  Saya mempunyai pertanyaan yang diajukan oleh beberapa murid, mohon klarifikasinya.
Sebagaimana yang kita ketahui, ada 41 tarekat, kami ingin tahu karena kita melihat ada banyak tarekat baru yang terbentuk, apakah mereka dapat diterima?  Juga ketika syekh dari ‘tarekat baru’ ini memberikan awrad mereka kepada murid-muridnya yang mereka katakan mengambil sedikit dari tarekat lain, apakah hal ini dapat diterima?  Terakhir, apakah ada yang dikatakan ‘penutup semua tarekat’ yang artinya tidak ada tarekat lain setelahnya, selain dari ke-41 tarekat seingga tarekat baru tidak dapat diterima?
Syukran.
Jawaban:
wa `alaykum salam wa rahmatullahi wa barakaatuh,

‘Tarekat baru’ apapun harus merupakan cabang dari tarekat yang telah ada dan masih hidup.  Jika sebuah pohon tidak mempunyai akar, ia tidak akan berbuah.  Jadi verifikasi asal-usulnya dan Anda akan mengetahui. 
Sedangkan bagi pembentukan tarekat baru, saya tidak sampai hati, karena sebagaimana yang dikatakan oleh guru kita, Mawlana Syekh Nazim al-Haqqani, “Tarekat menuju “akhir hayatnya” dan semuanya akan menjadi satu di tangan Sayyidina al-Mahdi (as),” sehingga sungguh tidak diharapkan ada tarekat baru yang entah bagaimana lalu muncul.  Dan Allah Maha Mengetahui.
Taher Siddiqui

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: