Melanggar Sumpah

Pertanyaan:
Dengan hormat,
Assalamo alaikum,
Saya berjanji pada istri saya bersumpah atas nama putri saya bahwa uang apapun yang saya berikan kepada ayah dan ibu saya, saya akan memberitahunya.  Tetapi sekarang saya ingin melanggar janji itu karena ia menimbulkan banyak masalah bagi saya dan keluarga.  Mohon bantuannya, apa yang harus saya lakukan untuk melanggar janji itu? 
Jawaban:
Alaykum Salam,
Pertama-tama, jangan mengambil sumpah seperti itu karena itu adalah haram dan Anda harus bertobat karena telah melakukannya dan jangan sampai diulangi lagi.  Yang kedua, jika itu adalah uang istri Anda, ia mempunyai hak untuk mengetahui apa yang Anda lakukan dengan uang itu; tetapi bila itu uang Anda, maka Anda tidak perlu memberitahukan kepadanya kecuali Anda menginginkannya.  Sering-seringlah bersedekah dan bacalah Ya Haliim, Ya Wadud 100 kali setiap hari.
Hajj Gibril Haddad

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

