Donor dan Transfusi Darah

Pertanyaan:
AssalaamunAlaikum.
Apakah boleh untuk mendonorkan darah?
Saya tinggal di Inggris dan rumah sakit mempunyai program donor darah secara berkala.  Saya sudah menjanlaninya hampir selama satu tahun—tiga bulan sekali. 
Begitu pula dengan menerima transfusi darah, apakah diperbolehkan?
Saya dapat menerima bahwa darah itu bisa digunakan untuk keperluan yang baik, dan bisa pula tidak, misalnya digunakan oleh pemabuk atau korban kecelakaan dan ibu yang baru melahirkan.  Dan pada akhirnya itu semua adalah atas Kehendak Allah.  Ini juga baik sebagai sarana berdakwah.  Orang-orang dapat melihat bahwa orang yang berjanggut dan dengan turban berbagai warna bukanlah teroris, melainkan adalah orang yang para pecinta.  .
Jawaban:
wa `alaykum salam,
Baik untuk dakwah dan kadang baik juga untuk memperoleh uang.
Mengenai boleh tidaknya mendonorkan darah, silakan lihat di post berikut: “Blood donation“.
Sedangkan untuk menerima transfusi darah, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani menceritakan:
Setelah Grandsyekh [`Abdullah al-Fa’iz ad-Daghestani (q)] melakukan operasi untuk matanya dan untuk hernia, beliau menjadi sangat kekurangan darah karena tidak makan.  Pada awalnya beliau menolak tetapi akhirnya mereka memberikan dua kantong darah.  Kemudian beliau berkata, “Sepanjang hidupku, aku habiskan untuk membersihkan darahku, dan darah itu membuatku kembali ke nol.  Segala kesulitan yang telah kujalani selama 7 hari terakhir ini karena darah itu setara dengan apa yang telah kulakukan sepanjang hidupku.”  Jadi suatu transfusi darah sangat mempengaruhi seseorang dan orang harus sangat berhati-hati dengan darah yang ia terima.
Taher Siddiqui
Donor Darah
Pertanyaan:
Salam alaykoum wr wb,
Saya pernah bertanya tentang donor darah menurut aturan Syariah, tetapi saya mendapatkan jawaban yang beragam, mulai dari diperbolehkan, makruh bahkan haram. Apakah donor darah itu dianjurkan, dan apakah ia akan mendatangkan rida Allah dan Nabi-Nya (s)?
Shoukran lakoum
Jawaban:
As-Salamu ‘Alaykum,
Donor darah tidak disebutkan secara spesifik di dalam sumber-sumber utama dalam Islam, tetapi segala macam sedekah adalah dianjurkan di dalam Islam.  Darah juga dapat didonorkan untuk non-Muslim.

Imam Senad Agic, Ph.D.
Head Imam (IABNA)
The Islamic Association of Bosniaks in North America

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: