Mengambil Bay’at dengan Tarekat Kedua

Pertanyaan:
Assalamualaikum Wr.Wb,
Semoga Allah senantiasa memanjangkan umur guru kita MSN dan MSH dan memberinya kesehatan yang baik, sehingga mereka dapat membimbing kita ke jalan yang terang.  Saya mempunyai pertanyaan, apakah saya boleh mengambil bay’at dengan Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Jawa Barat, Indonesia? Sebelumnya saya telah berbay’at dengan Naqsybandi Haqqani, saya begitu tertarik dengannya dan saya sangat mencintai Mawlana Syekh Nazim.  Tetapi saya juga tertarik dengan Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah.  
Pertanyaan kedua, adalah saya belum bisa menjalankan wirid harian Naqsybandi secara teratur, apakah itu mempengaruhi kepatuhan saya di dalam Naqsybandi Haqqani?  Maafkan saya karena begitu banyak hambatan yang mengganggu  saya untuk melakukan wirid tersebut dan saya sangat sedih mengenai hal itu.  Oh Syekh, saya sangat mencintai Mawlana Syekh Nazim, maafkan adab saya yang buruk. Assalamualaikum Wr.Wb
Jawaban:
wa `alaykum salam wa rahmatullahi wa barakutuh,
(Berbay’at dengan tarekat kedua) adalah tidak dianjurkan. Anda akan tersesat dalam kecintaan antara dua Syekh yang berbeda dan dalam mengikuti dua set praktik yang berbeda.  Pertahankanlah satu dengan teguh dan Anda akan berhasil insya-Allah, dan ingatlah bahwa setiap tarekat mempunyai tujuan yang sama, yaitu ke Hadirat Ilahi.
Sebagaimana yang dikatakan oleh Syekh Gibril di dalam posting yang lain:
…semua mengambil dari Rasulullah (s), jadi pertahankanlah hubungan/ pertalian, cinta dan penghormatan yang sempurna terhadap para syuyukh yang lain dan murid-muridnya karena Yadullah ma`a al-jama`ah, Tangan Allah adalah bersama jemaah.
Taher Siddiqui

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: