Tertekan untuk Memelihara Janggut

Pertanyaan:
Assalamualaikum,
Pertama-tama saya ingin menyampaikan salam saya yang sederhana ini kepada Maulana Sheikh Nazim & Sheikh Hisyam, semoga berkah Allah SWT senantiasa tercurah pada mereka. Saya memerlukan nasihat.  Saya adalah seorang Muslim, berumur 33 tahun.  Mempunyai janggut dan berusaha untuk memeliharanya sesuai dengan sunah.  Tetapi kini panjangnya tidak lagi sekepal tangan.  Setiap orang mengatakan kepada saya untuk mencukurnya, bahkan ibu saya sendiri mengatakan agar tidak memiliki janggut sepanjang yang saya miliki sekarang, kalau tidak saya tidak akan dapat menikah.  Hati saya mengatakan untuk tetap menjaganya.  Saya berusaha untuk menikah, tetapi tidak ada wanita yang saya temui yang menyukai janggut saya.  Pada awalnya saya marah, tetapi kemudian menjadi tertekan, saya mencintai janggut saya.  Saya memeliharanya bukan untuk pamer, tetapi karena kecintaan saya pada Nabi tercinta (s).  Saya telah berbay’at langsung dengan MSN.. Saya kini merasa sendiri dan tersesat.  Mohon nasihatnya.
Jawaban:
wa `alaykum salam,
Cukur janggut itu hingga pendek sekarang.  90 % murid Mawlana tidak mempunyai janggut, dan bahkan jika mereka memilikinya, janggut mereka dicukur pendek. Sepanjang “tanda” janggut itu ada di sana, untuk menikah atau mendapatkan suatu pekerjaan, ia BOLEH dipangkas.
Shaykh Muhammad Hisham Kabbani

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: