Memakai Kaos ketika Salat


Pertanyaan:
Asalam alaikum,
Saya ingin tahu apakah boleh memakai kaos lengan pendek ketika melakukan salat?  Saya tahu bahwa ketika Haji atau Umrah, seseorang diminta untuk memakai kain yang tidak menutupi lengan seseorang.  Mohon petunjuknya.
Jazak allah
Jawaban:
wa `alaykum salam,
Itu adalah hal yang kurang sopan meskipun tidak dilarang, faktanya, salat dapat diterima bila dilakukan dengan memakai kaos lengan pendek.  Namun demikian, kita harus berusaha untuk memahami sesuatu yang tidak dinyatakan secara eksplisit.  Para Syekh kita yang terhormat mengajarkan kita untuk merenungkan setiap ayat di dalam kitab suci al-Qur’an dan tidak hanya berakhir di permukaannya saja.   Perhatikanlah ayat ini:
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Surat al-`Araf, 7:31)
Apakah kita pergi ke acara resepsi pernikahan dengan menggunakan kaos kita, juga ketika mengikuti suatu wawancara, dan seterusnya?  Tidak.  Lalu mengapa kita cenderung menghadirkan diri kita di hadapan Allah dengan sembarangan?

Umrah dan Haji mempunyai instruksi khusus karena mereka mengingatkan kita akan kematian kita ketika kita akan dibungkus dengan kain kafan, kain putih yang serupa dengan Ihram.

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: