Mengusap Muka ketika selesai Berdoa

Pertanyaan:
Salams Syekh Gibril,
Mohon maaf atas kelemahan dan keterbatasan ilmu saya.  Saya telah berusaha untuk mencari sumber autentik untuk menemukan Dalil mengenai kebiasaan mengusap muka dengan tangan setelah berdoa.  Yang saya pahami dari kitab Syekh Umar Al-Khatib bahwa praktik ini tidak dianjurkan untuk doa Qunut salat Subuh.  Mohon klarifikasinya.  Terima kasih, Wasalam.
Jawaban:
Alaykum Salam,
`Abd al-Razzaq meriwayatkan dengan sanadnya di dalam Musannaf-nya (2:252-253) dari Yahya ibn Sa`id al-Ansari, kadi al-Madina bahwa “Ibn `Umar biasa berdoa bersama dengan al-Qass” (kâna yabsutu yadayhi ma`a al-Qass)  dan bahwa “mereka [yakni para Tabi’iin] menyebutkan bahwa orang-orang sebelum mereka [yakni para Sahabat] berdoa dan setelah itu meletakkan tangan mereka pada wajah mereka agar doa dan berkahnya kembali lagi kepada mereka.  Al-Qass adalah Tâbi`î `Ubayd ibn `Umayr ibn Qatada al-Laythi al-Makki seorang penasihat dan penafsir Qur’an.
Syekh Ghudda berkata di dalam terbitannya Tsalath Rasa’il fi Istihbab al-Du`â wa Raf` al-Yadayn ba`d al-Shalawat al-Maktuba (hal. 94): “Ini adalah bukti yang jelas bahwa mengusap muka dengan kedua tangan setelah mengangkatnya ketika berdoa telah dilakukan sejak generasi-generasi pertama.”
Lebih jauh dapat dilihat di sini.
Hajj Gibril Haddad

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: