Gelar Mawlana Syekh Nazim (q)

Pertanyaan:

Assalaamoualaikoum
Saya menulis kepada Anda karena saya ingin bertanya mengenai gelar yang diberikan kepada Syekh Nazim. Saya sangat menghormati Syekh. Saya telah membaca di website ini bahwa gelar yang diberikan kepada beliau adalah Sultan ul Awliya.

Saya sudah banyak membaca mengenai wali dan syekh dan sejauh yang saya ketahui hanya ada satu dan satu-satunya Sultan ul Awliya (pemimpin para awliya, yaitu Sang Mawar dari Baghdad), yaitu Sultan ul Awliya Hazrat Sheik Abdul Qadir al Hasani al Husayni al Jeelani Al Baghdadi (RA).
Beliau adalah sultannya semua wali hingga kiamat. Mohon penjelasannya, terima kasih.

Jawaban:

Alaykum as-Salam,

Mawlana Syekh Nazim (semoga Allah mensucikan ruhnya) merepresentasikan Syekh Abd al-Qadir Gilani (RA) di masa kita dan juga merupakan keturunan beliau dari garis ayahnya.

Lihat juga posting ini.

Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/sufism/about-the-title/

Tai Al Lisan

English

Français

Posted on December 10, 2011 by Shaykh Gibril Fouad Haddad

Pertanyaan:

Salaam,

Dapatkah seseorang membuktikan kapan Syekh Nazim mengatakan bahwa ia adalah Sultan Auliya? Setiap Aulia atau Piir yang saya tanya mengatakan bahwa ia bukan Sultan Aulia dan murid-muridnya membuat tudingan yang palsu.

Saya bertanya kepada syekh saya yang merupakan seorang Auliya dan ia berkata behwa Syekh Nazim bukan Sultan of Auliya.. tetapi merupakan salah satu dari 40 Abdaal, atau tepatnya lagi Abrar.

Yang kedua:

Syekh saya mempunyai Tai’ Al Lisan dan dapat mengkhatamkan 2 Qur’an dalam 2 menit. Jika Syekh Nazim sungguh merupakan Sultan Awliya, mintalah padanya untuk menggunakan Tai ‘Al Lisan untuk mengkhatamkan 2 Qur’an lebih cepat dari 2 menit.

Jawaban:

Alaykum salam,

Dari apa yang saya ketahui Mawlana Syekh Nazim tidak pernah menyebut dirinya dengan gelar itu, tetapi hanya gurunya, yaitu Mawlana Syekh Abd Allah Daghistani, semoga Allah mensucikan rahasianya. Mawlana Syekh Hisyam mengatakan bahwa beliau (Grandsyekh) dapat mengkhatamkan 2 Qur’an dalam setiap tarikan dan hembusan napasnya. Sedangkan level Mawlana Syekh Nazim dalam hal itu belum diungkapkan. Dan ya, murid-murid memanggil beliau dengan sebutan itu, dan itu adalah haqq.

Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/sufism/sufism/tai-al-lisan/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: