Turban dan Tasbih

Pertanyaan:

Salamalaykum waRahmatulla waBarakatahu

Apakah Anda menganjurkan untuk memakai turban di daerah non-Muslim? Atau apakah itu merupakan tindakan pamer? Saya juga membaca (Ibn Ata`Allah) bahwa adalah baik untuk melakukan banyak tasbih di mana orang berpikir bahwa Anda pamer. Apakah Anda mengetahui mengapa ini (tindakan pamer sedikit) terjadi dan apakah itu bisa diterapkan di daerah saya yang merupakan daerah non-Muslim?!

Akhirnya, mengapa para pengikut Naqsybandi membedakan diri mereka sendiri dalam hal busana, bertentangan misalnya dengan Syadzili, yang berpakaian serupa dengan mayoritas Muslim?

Terima kasih banyak.

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Tidak ada yang meminta Anda untuk memakai turban, atau berjalan dengan tasbih. Tidak ada yang meminta Anda untuk berpakaian dengan busana barat. Banyak murid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani berpakaian dengan busana barat atau berpakaian seperti di negeri-negeri timur tengah. Mereka berpakaian dengan gaya barat dan mungkin 10% yang senang memakai busana yang longgar. Juga, untuk mengidentifikasi bahwa mereka adalah Muslim, mereka memakai peci di kepalanya dan sebagian senang memakai turban mengikuti sunah Nabi (s), karena Nabi (s) mempunyai turban dan Anda dapat menemukah hadis mengenai turban di dalam Sahih al-Bukhari dan kitab-kitab lainnya. Sedangkan untuk membawa tasbih, Anda bisa membawanya atau menghitung dengan jari Anda atau melakukan awrad tanda menghitung, tetapi berdasarkan waktu. Setiap orang bebas menentukan busana apa yang ingin mereka pakai. Dan Anda bisa menyatu dengan mayoritas Muslim. Di Turki mayoritas murid Mawlana mengenakan pakaian ala barat dan di Timur Jauh 99% memakain pakaian normal dan sangat jarang Anda melihat kecuali di masjid atau pada saat zikir di mana mereka memakai pakaian ala Naqsybandi. Tidak ada buku atau kitab yang menuliskan bahwa Anda harus berpakaian ala Naqsybandi, Anda bisa menyukainya atau tidak.

Di masa Grandsyekh `Abdullah al-Fa’iz ad-Daghestani (q), Grandsyekh `Abdullah al-Fa’iz ad-Daghestani (q) tidak memakai busana dengan gaya yang sama dengan yang dipakai oleh Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani dan beliau memakai turban pada peci putih, dan dengan kain turban putih yang dibuat di Aleppo. Pecinya tidak lancip dan turbannya juga tidak lancip dan pakaiannya bukannya baju dan celana yang longgar tetapi itu adalah tsawb putih (baju gamis) sebagaimana yang dipakai di Hijaz, Mesir, Maroko, atau di Afrika dan dengan jubah di bagian luarnya.

Jadi Mawlana mempunyai gayanya sendiri yang sesuai dengan dirinya. Beliau biasa melakukan banyak perjalanan ke berbagai Negara sehingga memakai tsawb (gamis) akan menyulitkan dengan berbagai hal. Jadi ini adalah pertanyaan yang bagus. Sedangkan untuk membawa tasbih, jangan membawanya untuk pamer. Jika Anda sungguh-sungguh saleh, lakukanlah awrad Anda sebelum Subuh dan jangan membawa tasbih. Itu lebih baik daripada malas dan mengantuk. Lakukan awrad Anda sebelum Fajr Qiyam al-Layl sampai Isyraq. Awrad itu adalah 15000 dan 300 salawat dan satu juz Qur’an atau 100 Surat al-Ikhlash dan 300 salawat atau satu Hizib Dalail al-Khayrat. Berapa lama waktu yang diperlukan? Satu jam? Dan setelah itu Anda tidak perlu lagi membawa tasbih untuk menunjukkan bahwa Anda orang yang istimewa, itu namanya pamer.

Saya tidak mengerti apa yang Anda katakana sebagai pamer, saya tidak pernah membaca Ibn Ata`ullah mengatakan hal itu.

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani

http://eshaykh.com/sufism/turbans-tasbihs/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: