Salat di Belakang Imam Salafi


Pertanyaan:
Assalam O Alaikum,
Syekh, saya membaca respons Anda untuk salah satu pertanyaan dan itu tidak membuat saya nyaman. Pertanyaannya adalah mengenai salat di belakang Imam Salafi dan dijawab bahwa salat dapat dilakukan di belakang Imam Salafi. Saya berbicara dengan salah seorang murid dan ia mengatakan bahwa ia tidak pergi ke masjid itu dan tidak salat di belakang imam itu (bahkan Imam Suni) karena ketika Maulana Hisyam datang ke sini, ia tidak memberi penghormatan yang layak. Dan saya berpikir bahwa kita bicara tentang Imam dari semua Imam (semoga Allah senantiasa mencurahkan berkah dan salam kepadanya), bagaiamana kita dapat melakukan salat di belakang imam Salafi yang tidak menghormati Nabi Muhammad (Shallalahu alayhi wasllam).
Saya berharap Maulana akan menjelaskannya dengan detail.
JazakaAllah.

Jawaban:
`Alaykum as-Salam,
Jawaban yang Anda sebutkan tadi maksudnya bahwa salatnya sah, tetapi bukan berarti direkomendasikan. Para Sahabat salat di belakang Khawarij yang mempunyai anggapan bahwa membunuh Sahabat dan membuat takfir terhadap mereka adalah suatu tugas agama, dan mereka menganggap bahwa nabi-nabi dapat melakuakan kaba’ir. Tetapi Ibn `Umar (semoga Allah rida dengannya dan dengan ayahnya) berkata, “Ketika seseorang mengatakan Hayya `ala al-Shalat aku tidak peduli di belakang siapa aku salat, karena aku merespon pada perintah Tuhanku.” Salat itu adalah antara Anda dengan Tuhan Anda, Anda tidak melakukan salat berjamaah untuk alasan yang lain. Lalu, ketika Anda selesai, pergilah segera karena Anda telah mendapatkan pahalanya, dan tidak usah tinggal lebih lama untuk interaksi lainnya.

Nabi (s) bersabda, “Jadikanlah sesuatu itu mudah, jangan dipersulit;” jadi jika seseorang mencari berkah dari jemaah, itu mudah dan jika sesoerang ingin melindungi kondisi spiritualnya dalam kasus jemaah itu mengganggunya, maka itu juga mudah, dan Allah Maha Mengetahui posisi kita dan Allah menerima niat kita untuk kedua hal tersebut insya Allah. Mohon untuk tidak memperpanjang lagi mengenai hal ini, dan Allah Maha Mengetahui.

Hajj Gibril Haddad
http://eshaykh.com/doctrine/praying-behind-salafis/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: