Pentingnya Memikirkan tentang Kematian


Pertanyaan:
Assalamualaikum Sheikh,
Saya mau bertanya—apa pentingnya sering memikirkan tentang kematian? Ini adalah sesuatu yang membuat saya tidak bisa beristirahat dan membuat saya tidak bisa melakukan tugas saya atau mencapai cita-cita saya. Saya merasa aneh. Saya ingin berumur panjang di mana saya dapat melakukan banyak perbuatan baik, menolong orang dan menjadi pantuan, Insyallah! Mohon nasihatnya apa yang harus saya lakukan? Jazakallah Khair!

Jawaban:
wa `alaykum salam,
Mawlana Syekh Hisyam Kabbani telah mengatakan kepada kita bahwa Grandsyekh `Abdullah al-Fa’iz ad-Daghestani (q) biasa menasihati muridnya “untuk mengingat mati paling tidak 3 kali sehari” untuk menjaga fokus yang benar di dalam kehidupan, yaitu menyadari bahwa kehidupan ini adalah sementara dan apapun yang kita lakukan untuknya akan berakhir, namun apa yang kita lakukan untuk akhirat adalah permanen, seperti membuat investasi dana pensiun yang besar, di mana majikan Anda bukan memasangkan satu dolar untuk satu dolar, tetapi jutaan dolar untuk satu dolar. Sebagaimana Sayyidina `Ali (r) berkata, “Bekerjalah untuk dunia ini seolah-olah engkau akan hidup selamanya, dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah engkau akan mati besok, berdasarkan pada jumlah bilangan waktu yang akan engkau gunakan masing-masing.”

Pada saat yang sama, kita tidak bisa melepaskan hidup ini sepenuhnya, tetapi sebagaimana yang Allah firmankan, kita ucapkan, Rabbana atina fi ‘d-dunya hasanatan wa fi ‘l-akhirati hasanat wa qina `adzab an-nar, {Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab api neraka.} itu merupakan doa orang-orang yang berhaji ketika tawaf mengelilingi Rumah Suci, Ka’bah. Jadi bila Anda merasa gelisah dan tidak bisa tidur, berusahalah untuk lebih fokus pada akhirat dengan meningkatkan waktu yang Anda habiskan di dalam ibadah dan pengabdian, dan Allah Maha Mengetahui.

Taher Siddqiui
http://eshaykh.com/health-family/frequent-thoughts-about-death/


About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: