Kesalahan dalam Salat


Pertanyaan:
Assalaam Alaikum Ya Sayyidi!
1) Selama salaat-ul-tasbih saya terlupa untuk membaca tasbih pada beberapa
tahapan. Bagaimana saya memperbaiki kesalahan saya?
2) Saya membuat niat yang salah untuk salat, kemudian saya menyadarinya setelah melakukan Takbir. Apakah saya boleh melanjutkan salat atau melakukan Tasliim dan memulainya kembali?
Syukran Jaziilan
Wasalaam

Jawaban:
wa `alaykum salam,
1) Jika Anda terlewat membaca tasbih, tidak masalah. Tidak ada masalah kecuali terlewat membacaal-Fatiha. Jika Anda terlewat sesuatu selain al-Fatiha dalam salat apapun, Anda dapat melanjutkan salat Anda.

2) Misalnya: Saya membuat niat untuk melakukan Salat adz-Dzuhur tetapi itu adalah waktunya Salat ‘Ashar, tetapi saya melafalkan niatnya, nawaytu an ushalli shalat al-dzuhur. Jangan dibatalkan salatnya. Lanjutkan, karena segala sesuatu berdasarkan niat. Anda dapat melanjutkannya sesuai dengan niat Anda dan anggap itu sebagai qada, kemudian lakukan Salat ‘Ashar. Tetapi jika Anda ingin melanjutkannya dengan niat yang sesungguhnya, itu juga OK.

Dalam beberapa mazhab pemikiran, mereka mengatakan bahwa aspek yang paling penting adalah takbiratul-ihram; Anda tidak memerlukan niat dari salat. Misalnya, jika Anda melakukan salat dalam waktu dzuhur, Anda tidak memerlukan niat (salat) dzuhur karena waktunya sudah jelas diketahui. Anda hanya perlu untuk melakukan salat. Allah Maha Pengampun dan Maha Mengetahui salat apa yang Anda lakukan.


Syekh Muhammad Hisyam Kabbani
http://www.eshaykh.com/ibadat-worship/salat-prayer/mistakes-during-salaat/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: