Belajar Syariah dan Bahasa Arab


Pertanyaan:
Assalamu Aleykum Mawlana Syekh Hisyam.
Saya berniat untuk mempelajari Bahasa Arab dan Syariah (Quran dan Hadis).
Dapatkah Mawlana memberi saran di mana saya sebaiknya belajar (tempat terbaik untuk mempelajarinya)? Niat saya bukan untuk menjadi ulama atau menjadi Imam atau untuk menjadi seseorang (Astag’firullah). Tetapi saya sadar bahwa dalam perjalanan menuju Allah SWT, saya memerlukan pengetahuan Syariah yang kuat (Quran dan Hadis). Tolonglah berikan nasihat yang jelas bagi saya, apa yang harus saya lakukan? Saya 25 tahun (Saya berharap itu tidak terlambat untuk menuntut ilmu). Saya sangat bergembira mempunyai kesempatan untuk meminta nasihat dari Rijal Allah. SubhanAllah, Alhamdulillah. Kami sangat merindukanmu, Mawlana. Doakan kami dan keluarga kami.

Assalamu aleykum Wa Rahmatullohi wa barakotuh.

Jawaban:
`Alaykum as-Salam,
Allah Yang Maha Tinggi menerima niat seseorang untuk mencari ilmu demi Allah, dan para malaikat memohonkan berkah dan memintakan ampunan bagi mereka; jika seseorang meinggal ketika ia menjadi murid, ia dikaruniai derajat syahid. Namun demikian, jagalah niat Anda bahwa Anda mencari Allah dan Rasul-Nya dan kepatuhan kepada Mawlana Syekh Nazim al-Haqqani dan Khalifah beliau di jalan ini, tanpa menghubungkan niat itu dengan sesuatu yang lain, kalau tidak, Kibr (kesombongan) dan ‘ujub (mengagumi diri sendiri) akan menguasai Anda. Sebagaimana Imam Ghazali berkata dalam kitab pertama dari Ihya Ulum al-Din (kitab al-`Ilm), carilah selalu `ulama Yaqin; bukannya `ulama yang senang berdiskusi dan berdebat. Bahkan jika fiqh, tajwid, `aqidah dan seterusnya. Semuanya mempunyai tempatnya sendiri, tetapi tujuannya adalah Allah SWT dan jalan satu-satunya menuju-Nya adalah melalaui kalbu yang murni yang dilatih oleh para Mursyid dan dipersembahkan ke hadirat Nabi (saw).

Hamba yang penuh cinta, tulus, dan selalu bertobat, yang bahkan mempunyai kesenjangan parah dalam ilmu dan adabnya lebih dekat dengan Allah Yang Maha Tinggi dan terhadap ilmu Allah daripada Muslim berilmu yang memelihara setetes noda kebanggaan dalam kalbunya. Itulah yang selalu diingatkan oleh Mawlana kepada khalayak dan juga kepada orang-orang yang sedang menuntut ilmu.

Sementara untuk memilih sekolah, ada banyak sekolah yang termasyhur di Nusantara dan Anda dapat meneliti mana yang terbaik, sesuai dengan kriteria yang Anda pikirkan dan yang mempraktikkan Tasawwuf misalnya, (Pondok Pesantren) Arwaniyya dekat Kudus yang menjalani Tarekat Naqsybandiyya-Khalidiyya dan mempunyai program Qur’an dan Bahasa Arab yang kuat.

Hajj Gibril Haddad
http://www.eshaykh.com/uncategorized/study-sharia/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: