Minyak Jintan Hitam (Habbatussauda) dan Minyak Zaitun


Pertanyaan:

Assalaamu alaikum waraghmatullah..
Adakah hadis mengenai minyak jintan hitam yang mengatakan bahwa ia dapat mengobati segala penyakit kecuali kematian. Saya juga pernah mendengar bahwa mencampurkan minyak jintan hitam dengan minyak zaitun bermanfaat bagi tekstur kulit dan warna kulit, apakah ini benar? Jika ya, bagaimana metode yang benar untuk menggunakan campuran ini?

Syukran.

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Hadis yang Anda maksud adalah:

Diriwayatkan oleh Khalid bin Sa`d: Kami sedang dalam perjalanan dan Ghalib bin Abjar menemani kami. Di perjalanan ia jatuh sakit dan ketika kami tiba di Madinah, ia masih sakit. Ibn Abi `Atiq datang mengjenguknya dan berkata kepada kami, “Obati dia dengan jintan hitam. Ambil lima atau tujuh biji, lalu hancurkan (campurkan serbuk dengan minyaknya) dan teteskan campuran itu ke dalam kedua lubang hidungnya, karena `A’isya telah meriwayatkan kepada kami bahwa ia mendengar bahwa Nabi (s) bersabda, ‘Jintan hitam ini merupakan obat bagi semua penyakit kecuali As-Sam.’ `A’isya berkata, ‘Apakah As-Sam itu?’ Beliau menjawab, ‘Kematian.” Bukhari 71:591

Beberapa hadis lain mengenai jintan hitam adalah:

Abu Hurayra melaporkan bahwa ia mendengar Rasulullah (s) bersabda, “Jintan hitam adalah obat bagi segala penyakit kecuali kematian.” Hadis ini telah diriwayatkan melalui sanad yang lain tetapi dengan sedikit variasi pengucapannya.

dan:

Abu Hurayra melaporkan bahwa Rasulullah (s) bersabda, “Tidak ada penyakit di mana jintan hitam tidak menyediakan obatnya.

Mengenai efek positif terhadap kulit, saya telah membacanya tetapi tidak dapat mengkonfirmasi apakah opini ini mempunyai referensi Islami.

Dan Allah Maha Mengetahui.

Yusuf Hussain

http://eshaykh.com/hadith/black-seed-oil-and-olive-oil/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: