Bersin

Pertanyaan:

Salaam Alaiykum kepada semua Syekh. Saya berdoa semoga semua dalam keadaan sehat, InsyAllah amiin,

Pertanyaan saya adalah, apakah artinya bila seseorang bersin? Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak, tetapi ada yang mengatakan bahwa itu artinya kuburan kita sedang memikirkan kita, atau ada seseorang yang membicarakan kita, atau seseorang merindukan kita?

Jawaban:

Wa `alaykum salam,

Semua itu salah. Allah (swt) menjadikan bersin agar kita mengucapkan alhamdulillah , yaitu untuk mengingat Allah (swt), dan mengucapkan alhamdulillah dengan suara yang nyaring. Nabi (s) bersabda bahwa itu adalah zikir bagi kalian dari Allah (swt). Jadi bersin sangat penting karena Anda mengucapkan hamd, pujian kepada Allah (swt) dan orang yang mendengar Anda mengucapkan yarhamakullah, memohon Allah agar merahmati Anda. Kemudian jawabannya adalah yarhamanii wa yarhamakumullah yaitu rahmat dari Allah dan rahmat bagi orang yang bersin dan orang yang mendengarnya dan pujian pada awalnya ketika Anda mengingat Allah (swt), dan dengan demikian orang akan mengingat Allah sehingga mereka mengucapkan ini.

Lalu untuk kuburan yang mengingat Anda, ya, kubur adalah tujuan akhir Anda dan semoga Allah menjadikan kuburan Anda sebagai rawdhatan min riyadh al-jannah wa `afuw annah fatiah.

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani

http://eshaykh.com/doctrine/sneezing/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: