Bagaimana Meninggalkan Tarekat dengan Adab

Pertanyaan:

As salaam alaikum wa rahmatullah,
Jika seseorang telah melakukan Bay’ah dan kemudian ia menyadari bahwa ia tidak bisa berkomitmen terhadap awrad dan iklim tarekat secara keseluruhan, lalu bagaimana caranya ia meninggalkan tarekat (atau membatalkan bay’atnya) sedemikian rupa dengan adab yang baik? Dan bagaimana seseorang masih tetap mendapatkan manfaat dari syekh? Juga dapatkah seseorang membatalkan bay’atnya dengan niat untuk berbay’at kembali pada syekh yang sama ketika ia telah siap untuk berkomitmen? (dan bagaimana caranya memberitahu syekh tanpa membuatnya gelisah atau merasa kesal?)
Jazaakallahu khair atas waktu dan pertolongannya, saya sangat menghargainya.
Wa salaam alaikum wa rahmatullah
Saudaramu yang memerlukan nasihat.

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Semoga Allah (swt) memberkati Anda di dunia dan akhirat.

Nabi suci (s) menolak untuk membatalkan bay’at apapun setelah beliau memberikannya, dan itu juga adalah praktik dan mandat dari Mawlana Syekh Nazim, semoga Allah mensucikan ruhnya. Ingatlah bahwa bay’at bukanlah metode persiapan dari sisi murid—jika begitu sebagian besar murid tidak akan mempunyai bay’at yang sah—tetapi bay’at merupakan anugerah dari Allah dan Rasulullah (s). Meyakini sebaliknya, mengingat ketidaksempurnaan kita, merupakan suatu bentuk pemujaan diri sendiri (membanggakan diri) dan melebih-lebihkan kekurangan kita. Seseorang selalu mendapatkan manfaat, bahkan jika ia merasa dan tidak melakukan apa-apa, tetapi koneksinya tetap terjaga karena keterkaitannya berada di luar ruang dan waktu, dan itu akan kembali pada Hari Perjanjian.

Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/sufism/how-to-leave-tariqa-with-adab/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: