Bedah Plastik



Pertanyaan:

Assalamualaikum Wr Wb ..

Saya ingin bertanya mengenai bedah plastik untuk kecantikan (misalnya hidung, dagu, menarik kerutan-kerutan, peremajaan) yang tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan diri, apakah halal atau haram di dalam Islam? Saya tahu bahwa secara kodratnya seorang wanita selalu ingin merasa cantik dan ingin tampil cantik. Mohon jawabannya di dalam perspektif Islam, sehingga tidak ada keraguan mengenai hal itu dan tetap sebagai Muslimah sejati. Terima kasih banyak untuk jawabannya.

Walaikum salam Wr Wb

Jawaban:

`Alaykum salam,

Hukum untuk hal yang tidak diperlukan, bedah plastik yang murni untuk kecantikan adalah haram karena itu termasuk mengubah ciptaan Tuhan. Di dalam sebuah hadis Nabi (s) yang terkemuka dikatakan bahwa Allah (swt) mengutuk orang yang giginya direnggangkan untuk alasan kecantikan. Cahaya pada wajah seorang Muslimah adalah proporsioanal dengan keridaannya kepada takdir Tuhan, termasuk usia lanjut dan kematian. Itu merupakan bukti nyata bagi peremajaan dirinya menuju kemudaan abadi di Surga.

Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/halal_haram/plastic-surgery/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: