Bagi Mereka yang Membandingkan Mawlid dan Natal

Pertanyaan:

Asselemu ve aleykum Mevlana

Bagaimana kita menanggapi orang yang membandingkan Wahabi Mawlid dengan Natal untuk orang Kristen, bagaimana kita meresponnya, karena kelompok modern mengatakan bahwa Mawlid adalah bid’ah yang tercela? Terima kasih.

Allah Razi Olsun

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Kami menulis:

Kami mendorong setiap Muslim yang mempunyai pertanyaan mengenai topik ini untuk tidak terintimidasi dengan pernyataan-pernyataan, seperti: “Mawlid seperti orang Kristen” tetapi dengan memperlihatkan kepada mereka pandangan dari pihak-pihak yang berwewenang dalam Keempat Mazhab dan untuk mengetahui bahkan Ibn Taymiyya, yang menulis menentang Mawlid, mengakui bahwa merayakan mawlid adalah suatu kebaikan dan memberikan sebagai presedennya untuk konsesi ini sebagaimana fakta bahwa Imam Ahmad menerima sejumlah orang yang menghabiskan uang yang banyak untuk menghiasi salinan Qur’an, meskipun Ahmad menganggapnya itu adalah suatu bid’ah.

Di dalam Syari`ah, tidak ada yang dinyatakan haram kecuali para ulama sepakat bahwa Qur’an dan Sunnah menyatakan demikian, baik secara eksplisit maupun secara kiasan. Dalam hal Mawlid, bukan hanya kesepakatan itu tidak ada, tetapi jumhur ulama menyatakan bahwa itu adalah suatu perbuatan yang istimewa yang mendatangkan pahala, dan bahkan para pendukung pandangan yang berbeda mengakui bahwa itu adalah suatu perbuatan yang patut dipuji! Jadi, cukup adil bila dikatakan seseorang yang tetap bersikeras menolak diperbolehkannya Mawlid setelah disajikan bukti-bukti di atas yang berdasarkan Qur’an, Sunnah, dan turunan ahkam (aturan hukum) dari dalil-dalil yang relevan, hanya menjadi pengikut buta dari opininya sendiri yang keras kepala dan tidak peduli. “Mereka akan keluar dari agama secepat anak panah yang keluar dari busurnya.” (Bukhari dan Muslim). Allah Maha Mengetahui, dan Allah memberi hidayah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Anda juga dapat membaca buku kami mengenai topik ini, http://www.amazon.com/Prophet-Commemorations-Visitation-Knowledge-Encyclopedia/dp/1871031842 atau lihat diskusi kami di http://sunnah.org/publication/encyclopedia/html/mawlid.htm

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani

http://eshaykh.com/doctrine/compare-christmas-with-mawlid/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: