Instruksi di dalam Ibadah

Pertanyaan:
SAlam,
Saya adalah seorang wanita Muslim yang berumur 32 tahun. Alhamdulillah, saya bekerja penuh waktu, mempunyai empat anak (3 sampai 7 tahun). Saya mohon bimbingannya, saya berusaha untuk membaca 6x doa sebagaimana dalam buku amalan Naqsybandi.
Zikir harian malam hari setelah Isya:
Wirid Naqsybandi, Bashair Al Khayrat, Dua Al Huroof, Hizb Jalalahu, Hizb Wiqaya, Dua Khidr AS 1x, Durood Tunjina 1x, Surah Yasin, Surah Mulk
Mureed, Quddus, Nur, Fattah Mumin 100x
Ayat kariima 100x
Harta surgawi, zikir 100x
Untuk zikir di atas, saya belum mempunyai ijazah. Dari mana saya bisa mendapatkan ijazah?
– Saya perlu pertolongan untuk memutuskan, apakah saya berhenti melakukan zikir di atas untuk berkonsentrasi pada menghapal al-Qur’an/tajwid atau mulai dengan melakukan zikir nuffus (Abdul Qadir Jilani RA)? Apa yang perlu saya lakukan saat ini?
Jawaban:
wa `alaykum salam, wa rahmatullahi wa barakatuh,
Menurut Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q), ada ijazah umum untuk segala jenis zikir, madih an-Nabi (s) atau pembacaan (qasidah dan lain-lain), lihat posting berjudul “Dhikr Ijaaza“.
Mengutip apa yang dikatakan oleh guru kita, Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani, “keajaiban yang paling hebat bukanlah untuk terbang di udara, atau mengubah debu menjadi emas, atau untuk mengobati orang sakit, melainkan konsistensi di dalam ketaatan dan ibadah.” Oleh sebab itu jika Anda telah melakukan “paket” zikir tertentu secara konsisten, baik itu kecil atau besar, teruskanlah melakukannya, karena Anda sudah mengalami suatu keajaiban yang besar.
Dan saya menasihati diri saya sendiri dan kemudian kepada Anda, agar berhati-hati terhadap ujub (`ujb, setuju dengan diri sendiri) dan ria (riya, bangga dengan diri sendiri), karena keduanya sangat berbahaya ketika seseorang telah disibukkan dengan ibadah. Bacalah 100x setiap hari alhamdulillah wa asy-syukru lillah bahwa Allah telah menganugerahkan Anda suatu nikmat untuk beribadah kepada-Nya dan menganugerahkan Anda sebagai bagian dari Ummat al-Habib (s), karena itu bukanlah sesuatu yang dapat kita capai sendiri.
Dan Allah Maha Mengetahui,
Taher Siddiqui

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: