Mencuci Mulut ketika sedang Berpuasa



Pertanyaan:

Asalam aleikum dan semoga engkau mendapat pahala yang tak terhingga. Saya ingin tahu apakah diperbolehkan untuk membersihkan mulut dengan air (seperti dalam wudu) di siang hari selama berpuasa? Saya tinggal di negeri yang panas dan mulut saya menjadi sangat kering selama berpuasa dan agak berbau juga, saya ingin menghindari bau yang mengganggu orang lain ini. Saya dengar kita boleh menggunakan miswak untuk membersihkan gigi dan mengharumkan napas dan membilas mulut dengan air juga boleh, tetapi saya ingin mengeceknya agar mendapat kepastian. Terima kasih atas pertolongannya dan semoga engkau diberkati, insyallah. Syukran



Jawaban:

wa `alaykum salam,

Bismillahi ‘r-Rahmani ‘r-Rahiim,



Mencuci mulut dengan air diperbolehkan asalkan tidak dilakukan secara berlebihan. Menggosok gigi juga diperbolehkan meskipun di dalam Mazhab Syafi’i hal itu adalah makruh bila dilakukan setelah Dzuhur. Aturan di dalam Mazhab Syafi’i adalah berdasarkan hadis di mana Nabi (s) bersabda, “Puasa adalah sebuah pelindung (atau sebuah sekat atau naungan). Jadi, orang yang melakukan puasa juga harus menghindari hubungan intim dengan istrinya dan tidak boleh bertindak bodoh dan lancing, dan jiak seseorang ingin berkelahi dengannya atau memakinya, ia harus berkata kepadanya dua kali, ’Aku sedang berpuasa’” Nabi (s) menambahkan, ”Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, bau yang keluar dari orang yang berpuasa adalah lebih baik dalam pandangan Allah, daripada wangi kasturi. (Allah berfriman mengenai orang yang berpuasa), ‘Dia telah meninggalkan makanannya, minumannya dan hawa nafsunya demi Aku. Puasa itu adalah untuk-Ku. Jadi Aku akan memberi pahala baginya dan pahala dari perbuatan baik adalah sepuluh kali lipat.”

(Sahih Bukhari Bab No: 31, Puasa Hadis No 118)

Allah Maha Mengetahui.



Muhammad Razib

http://eshaykh.com/ibadat-worship/siyam-fasting/washing-the-mouth-in-fasting/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: