Dajjal di Masa Menjelang Kiamat



Pertanyaan:

Salam alaykum Sayyidi,

Adakah indikasi dalam sumber-sumber naskah tertulis bahwa dajjal bisa jadi bukanlah manusia, meskipun berpenampilan “manusia” – apakah itu lebih merupakan kedok atau samaran iblis belaka?

Juga apakah pernah disebutkan bahwa yang dikenal sebagai anti-kristus dan dihukum di hari Perhitungan – akan berada di neraka bersama manusia dan jin?

Atau kalau tidak ada dalam hadits, apakah Mawlana Syaikh Nadzim atau Mawlana Syaikh Hisyam pernah membicarakan hal ini?

Semoga Allah melindungi kita dari fitnah, merahmati para staf eSyaikh dan mengampuniku.

Salaam.

Jawaban:



wa `alaykum
Salaam,

Dajjal adalah seorang manusia yang nyata yang akan muncul di akhir zaman dari dunia ini untuk membawa orang ke “sisi gelap” dan menjauhi Tuhan. Akan tetapi, banyak kelompok, ideologi dan konsep-konsep yang secara alaminya bersifat Dajjali, yaitu sifat-sifat mendasar mereka yang menutupi kebenaran dengan kebatilan, yang merupakan para perintis jalan bagi kemunculan si Anti-Kristus, Dajjal. Sebagai tambahan, supaya Dajjal bisa muncul, suatu sistem dan pemerintahan harus dibangun diatas prinsip-prinsip batil Dajjal yang akan mendukungnya dan menyediakan baginya tentara yang dibutuhkan.

Karena itu kemunculannya didahului oleh banyak pola-pola dasar, kesemuanya dalam “bentuk” nya (maksudnya dalam bentuk yang merupakan pola-pola dasar khas Dajjal, penerj.).

Jadi kemunculan begitu banyak kelompok yang secara bawaannya bertentangan dengan ajaran-ajaran Allah dan Nabi Nya, yang kemunculannya terselubung dalam berbagai bentuk kesalehan, adalah pertanda sudah dekatnya masa kemunculan Dajjal. Kelompok-kelompok ini yang dirancang tampil religius dan berpenampilan sebagai kumpulan orang-orang shalih, tapi sesungguhnya pada dasarnya mereka sangat busuk, menyebabkan terjadinya kejadian-kejadian mengerikan dimasa kini, menyebarnya pembunuhan kejam dan kedzaliman terhadap rakyat banyak dan terhadap keimanan.

Sebelum kedatangan Dajjal secara badani, dunia ini akan mulai berubah dengan mengambil “refleksi” (gambaran, penerj.) dari penampakkan badaninya (Dajjal) yang akan datang kemudian, secara metafora merefleksikan sifat-sifat Dajjal (sebagaimana jahatnya sifat-sifat yang ada pada Dajjal, maka dunia ini akan dipenuhi dengan kejahatan/kedzaliman, penerj.). Ada 30 pola-pola dasar yang akan tampak sebelum kemunculan Dajjal yang merupakan gambaran dari kekuatan syaithoni nya sebagaimana yang diterangkan dalam banyak hadits dari Nabi Saw. Didalam hadits dijelaskan bahwa Dajjal adalah perwakilan dari segala dusta yang berlawanan dengan kebenaran yang dibawa Nabi Muhammad Saw. Jadi pola-pola dasar ini akan muncul bersamaan dengan segala kedustaan Dajjali, yang mengubah damai menjadi perang, rasa aman menjadi ketakutan, keteraturan menjadi kekacauan dan kehidupan menjadi kematian dan penghancuran. Ini seperti halnya ada asap yang mendahului kemunculan api yang menyebar dengan sangat cepat yang membawa tanda-tanda dan perwujudan bara api yang mendatangi. Bukan hanya itu, tapi dunia juga harus berbentuk seperti sifat-sifat Dajjal sebagai persiapan untuk saat kemunculannya dan bertakhtanya kebatilan yang nyata yang muncul mendahului kekuatan kebaikan dan kedamaian yang dilambangkan dengan kemunculan Isa al-Masih (as), yang dalam waktu singkat menewaskan Dajjal dalam pertarungan akhir antara kekuatan Kebenaran dan Kejahatan.

Dalam perselisihan itu, bala tentara dari Yang Maha Pengasih akan berhadapan dengan bala tentara dari pangeran kegelapan, syeitan, pada siapa Dajjal mewakilkan anak asuhnya yang paling bersifat syaithoni. Lantaran itu, kekuatan-kekuatan jahat ini harus disatukan untuk saling melengkapi untuk mendukung kemunculan iblis dalam personifikasi Dajjal, sama seperti halnya kekuatan-kekuatan baik harus juga disatukan sebelum kemunculan Dajjal, untuk mendukung Isa al-Masih dan Imam Mahdi, keselamatan dari Allah bagi keduanya, yang merupakan Pemimpin-pemimpin kebenaran yang akan menghadapi Dajjal.

فإذا قيل: انقضت تمادت يصبح الرجل فيها مؤمنا ويمسي كافرا حتى يصير الناس إلى فسطاطين: فسطاط إيمان لا نفاق فيه، وفسطاط نفاق لا إيمان فيه فإذا كان ذاكم فانتظروا الدجال من يومه أو غده.

Mengenai itu Nabi (s) bersabda:

“Pada masa itu (mengacu pada Akhir Zaman), seorang laki-laki yang beriman di pagi hari dan akan menjadi kafir pada malam hari. Pada akhirnya orang-orang akan terbagi menjadi dua golongan, apakah berhimpun dalam kelompok orang-orang beriman yang tak ada seorangpun munafik; atau berhimpun dalam kelompok kaum munafik yang tak ada seorangpun yang beriman. Ketika kalian menjumpai hal ini, nantikanlah kemunculan dari si Anti-Kristus (Dajjal) dari hari ke hari.” (HR Abu Dawud)

وما صنعت فتنة منذ كانت الدنيا صغيرة ولا كبيرة إلا لفتنة الدجال

Nabi (s) bersabda:

“Tak ada fitnah yang tercipta di dunia ini baik berupa fitnah kecil maupun besar kecuali sebagai persiapan untuk fitnah Dajjal.” (HR Ahmad)

Berkomentar atas hadits ini, ad-Dasuqi mengatakan:

Itu berarti bahwa tak pernah ada fitnah yang dibuat setan dimuka bumi ini sejak masa manusia pertama, (hingga sekarang ini) kecuali sebagai persiapan bagi datangnya finah Dajjal… pengertian dari hal ini adalah bahwa sejak jaman Nabi Nuh (as) Dajjal sudah membuat unsur-unsur dasar pembentuk fitnah dan itulah sebabnya mengapa Nabi Nuh (as) telah memperingatkan umatnya akan Dajjal dan demikian juga yang telah dilakukan setiap nabi kepada umatnya. (Ad-Dasuqi, Dr. Farouq Ahmad, Al-Qiyamat as-sughra `ala al-bab (Kiamat Kecil Telah Menjelang), Riyadh: Kerajaan Saudi Arabia, h. 252.)

Syekh Muhammad Hisyam Kabbani

http://eshaykh.com/hadith/dajjal-on-the-judgement-day/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: