Baru Mengambil Bay’at



Pertanyaan:

Salam

Masyallah
, tanpa disadari saya mengambil bay’at dengan Syekh Hisyam ketika beliau berada di kota.

Saya merasa bersyukur tetapi juga khawatir akan kewajiban-kewajiban yang terkait dengannya. Saya mempunyai beberapa pertanyaan, dan yang menjadi sumber pengetahuan bagi saya adalah website http://www.naqshbandi.org,

1) Saya selalu melakukan salat dengan cara saya (singkat dan ringkas), apakah saya harus mengikuti cara Naqsybandi yang lebih panjang sementara saya belum bisa membaca al-Qur’an?

2) Apakah saya wajib melakukan zikir? Saya memahami bahwa zikir ini dilakukan sekali seminggu secara berjamaah, juga apakah saya harus melakukan adab Naqsybandi selama di bulan-bulan suci?

3) Untuk wirid harian, alhamdulillah saya mampu melakukannya pada tingkat pemula (mubtadi), apakah saya terus melakukannya pada level ini atau berusaha untuk mencapai level yang lebih tinggi lagi? Pada dasarnya, sebagaimana yang dapat Anda lihat, saya hanya dapat melakukan wirid dan saya akui saya sangat lemah.

Wasalam.



Jawaban:

wa `alaykum salam, dan selamat atas masuknya Anda ke dalam Tarekat yang paling mulia ini (Naqsybandi al-`aliyyah).



Di dalam tarekat, tidak ada aspek yang diwajibkan, karena hanya Allah dan Rasul-Nya, Sayyidina Muhammad (s) yang dapat melegalkan apa-apa yang fardu, fara’id. Seluruh aspek di dalam tarekat lebih berupa pilihan, nawafil, atau ibadah yang dilakukan secara sukarela.

Sekarang, agar dapat mengalami kemajuan di dalam tarekat, seseorang harus mengikuti formula yang diberikan oleh Syekh. Untuk pemula, harapannya adalah dapat melakukan wirid untuk pemula (mubtadi) dan untuk menghadiri zikir mingguan sesering mungkin. Sementara itu mengenai adab di dalam salat dan dalam bulan-bulan tertentu, itu adalah untuk orang yang tingkatan spiritualnya sudah lebih maju, atau bagi orang yang mempunyai keinginan untuk meningkat lebih jauh. Dan Allah Maha Mengetahui,



Taher Siddiqui

http://eshaykh.com/uncategorized/just-took-the-baya/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: