Mengada Puasa Ramadan



Pertanyaan:

Asalam waleikum. Ramadan tahun lalu saya sedang hamil sehingga saya tidak mampu berpuasa. Saya mempunyai kehamilan yang sulit dan saya baru mulai mengada puasa saya baru-baru ini. Saya baru mengada puasa saya 10 hari dan mungkin baru akan menyelesaikan 15 hari puasa ketika Ramadan tahun ini tiba. Saya berharap dapat membayar puasa saya yang terlewat, yaitu 15 hari berikutnya dengan memberi makan orang yang memerlukan. Berapa banyak porsi makanan yang harus saya berikan untuk membayar puasa saya yang terlewat? Apakah 15 atau 30? dan jika saya memberi mereka semua, apakah saya masih harus membayar puasa saya setelah Ramadan tahun ini berlalu? Atau puasa saya tahun lalu telah lunas? Cinta dan terima kasih saya untuk seluruh tim, Anda sangat membantu kami memahami jalan ini, Alhamdulilah.



Jawaban:

Apa yang Anda lakukan sekarang, sebelum Ramadan tiba, adalah membayar fidyah – memberi makan satu orang fakir miskin untuk setiap hari puasa yang Anda lewati – jadi Anda harus tahu, berapa hari puasa Anda yang terlewat. Kemudian lanjutkan untuk mengada puasa-puasa tersebut. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan puasa yang terlewat itu sebelum Ramadan ini, Anda dapat melanjutkannya setelah itu; tetapi bayar dulu fidyah untuk Ramadan yang lalu. Semoga Allah membuatnya mudah bagi Anda.



Abdul Shakur

http://eshaykh.com/ibadat-worship/siyam-fasting/making-up-unfasted-ramadan/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: