Tiga Pertanyaan mengenai Kematian



Pertanyaan:

Assalamoualikoum,

Apakah kematian tiba-tiba (sudden death) merupakan suatu peristirahatan bagi seorang Mukmin? Apakah ada hadis yang menyatakan hal ini? Bagaimana jika seseorang meninggal tanpa didahului penyakit yang fatal, apakah ini sejenis takhfiif = kemudahan dalam sakaratul maut?

Bagaimana jika seseorang meninggal dan pada kata-kata terakhirnya sebelum meninggalkan rumah menuju rumah sakit adalah Asyhadu an la ilaha ilallah wa asyhadu ana muhammadan rasuulullah.

Pertanyaan lainnya adalah jika seorang wanita sedang haid, apakah ia boleh mencium jenazah. Mohon maaf atas pertanyaan ini, tetapi saya sungguh ingin tahu.

Terima kasih banyak, wassalamu’alaykum



Jawaban:

`Alaykum as-Salam,

“Kematian adalah sebuah hadiah bagi orang yang beriman” (al-mawtu tuhfatul mu’min; Hakim, `Abd b. Humayd, Abu Ya`la), titik. Jika seseorang meninggal dunia setelah mengucapkan Syahada mereka akan masuk Surga sebagaimana yang dinyatakan oleh Nabi (s) (Ahmad, Abu Dawud, Hakim). Untuk pertanyaan terakhir, jawabannya adalah ya. Nabi (s) bersabda, Subhan-Allah! Sesungguhnya seorang Muslim tidak pernah dalam keadaan tidak murni.” (Bukhari dan Muslim); namun demikian, Mazhab Hanafi menganggap bahwa pria dan wanita tidak boleh mencium pasangannya yang telah meninggal karena kematian telah mengakhiri pernikahan, sementara mazhab lainnya memperbolehkannya karena tindakan itu lebih dekat kepada kasih sayang dan tindakan melarang untuk mencium pasangan hidup sebagai tanda perpisahan bertentangan dengan kasih sayang. Dan Allah Maha Mengetahui.



Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/hadith/three-questions-about-death/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: