Asal-Usul Tembakau



Pertanyaan:

Assalam u alayekum!

Saya sering menasihati teman-teman saya, saudara, teman kerja saya untuk berhenti merokok dan saya mengutip riwayat yang dikutip oleh Mawlana Syekh Nazim (Qaddas Sirrahu) bahwa tanaman tembakau diciptakan dari kotoran Iblis ketika Iblis ditiup oleh Nabi Penutup (s) Sayyidina Muhammad Shalla’l la ho alaye hi wasallam dari jarak 500 tahun (perjalanan). Menanggapi riwayat ini, orang-orang sering bertanya pada saya dari hadis mana asal riwayat ini?

Jadi, apakah ini dari kitab hadis? Mohon diberikan referensinya, syukran ya syyedi

.

Jawaban:

wa `alaykum salam,

Kisah mengenai Iblis dan tembakau diriwayatkan oleh Grandsyekh`Abdullah al-Fa’iz ad-Daghestani (q) dan itu bukanlah sebuah hadis. Ini adalah semacam pengetahuan seorang awliyaullah yang diterimanya melalui kondisi kasyaf dan dengan demikian tidak bisa diverifikasi melalui kitab ataupun periwayatnya itu. Orang harus belajar untuk mengetahui siapa yang mau menerima apa yang Mawlana Syekh katakan, karena mereka mempunyai kepercayaan, dan siapa yang tidak, sebagaimana Nabi (s) bersabda, “Bicaralah kepada orang sesuai dengan tingkat pemahamannya.” Jika mereka adalah orang yang selalu meminta dalil dan bukti, persiapkanlah dalil dan bukti-bukti untuk mendukung apa yang Anda katakan. Jika mereka adalah orang-orang yang percaya dan orang-orang yang berhati lembut, dan orang-orang yang mempunyai “iman seperti wanita tua” maka mereka dapat dengan mudah menerima apa yang Grandsyekh kita dan Mawlana Syekh katakan.

Dan Allah Maha Mengetahui,



Taher Siddiqui

http://eshaykh.com/hadith/tobaccos-origin/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: