Masalah dan Ujian setelah Berzikir



Pertanyaan:

Assalamu alaykum wa rahmatullahi wa barakatuh, yaa Syekh Gibril!

Bagaimana kabarmu? Saya ingin bertanya kembali kepadamu mengenai pertanyaan yang pernah saya tanyakan kepadamu dan syekh lain ketika kita berada di dalam sebuah mobil di Jakarta. Mengapa timbul masalah atau ujian yang serius ketika saya berzikir? Saya melakukan pengamatan secara ilmiah dengan menghentikan zikir selama beberapa saat dan segala sesuatunya berjalan mulus. Ketika saya kembali berzikir, masalah itu timbul lagi. Dan kebanyakan adalah masalah yang serius. Saya berkonsultasi dengan seorang murid dari Perancis yang pertama memperkenalkan saya dengan tarekat ini, dan ia berkata bahwa bahkan syekhnya di Paris, Syekh Abdulhafez berkata bahwa Naqsybandi penuh dengan cobaan yang “keras”. Mohon masukannya mengenai hal ini yaa Syekh, saya mohon dengan hormat dan dengan kerendahan hati. Saya tidak bisa bertahan di Naqsybandi jika saya tidak melakukan zikir saya, jadi tolonglah jelaskan masalah ini pada saya.

Syukran dan Jazakallah khayran,

Mohon doanya selalu,



Jawaban:

`Alaykum as-Salam,

Semoga Allah (swt) membimbingmu dan kita semua kepada apa yang benar. Seseorang datang kepada Nabi (s) karena saudaranya mempunyai masalah dengan perutnya, jadi Nabi (s) menyarankan untuk memberikan madu untuknya. Beberapa saat kemudian orang itu datang lagi dan mengatakan bahwa kondisinya semakin buruk. Nabi (s) kembali menyarankan untuk memberikan madu. Sekali lagi ia datang dan mengatakan bahwa madu menyebabkan penyakit perut saudaranya bertambah parah. Nabi (s) bersabda, “Terus berikan madu kepadanya. Perut saudaramu berbohong dan firman Allah adalah benar.” Ia terus memberinya madu dan akhirnya perutnya lebih baik. (Bukhari dan Muslim). Hal ini karena Allah (swt) berfirman bahwa madu mengandung obat untuk manusia. Allah (swt) juga berfirman untuk menyibukkan diri kita dengan zikir dan bahwa hanya dengan berzikir hati menjadi tenang. Jadi, serupa dengan itu kami katakan kepada Anda untuk terus berzikir hingga segala masalah itu menjadi kedamaian bagi hati; pengalaman Anda berbohong dan firman Allah adalah benar.



Hajj Gibril Haddad

http://eshaykh.com/sufism/troubles-and-trials-after-making-dhikr/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: