Saya Merasa Tidak Kompeten?



Pertanyaan:

As salamu alaikom.

Oh Syekh, apa yang terjadi pada kunjungan pertama saya ke Siprus pada saat hadrah Jumat bersama Syekh Farhad, saya masuk ke tengah untuk melakukan whirling (meskipun saya tidak tahu caranya). Tiba-tiba saya melihat mata Mawlana melihat dengan ghazab kepada saya dan dengan tangannya beliau meminta saya untuk pergi. Saya merasa malu dan takut seperti seekor katak yang melihat ular, saya menangis hingga hari berikutnya dan mempunyai pikiran yang buruk tentang Mawlana, saya tidak bisa menjadi muridnya. Bagaimana orang yang tidak kompeten ini bisa menjadi murid seorang Syekh sejati!



Hari berikutnya saya berada di kamar beliau dan saya tidak bisa mengangkat kepala saya, dan saya hanya meminta nama dari beliau. Mohon doanya, agar saya dapat memperoleh lebih banyak keyakinan, syuja`at keberanian dan liyaghat… insyaallah

Wassalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,



Jawaban:

wa `alaykum salam,

Kita semua adalah tidak kompeten di hadapan Syekh. Beliau adalah seorang hamba yang disempurnakan oleh Tuhannya dan yang terbaik yang dapat kita lakukan adalah mengharapkan sedikit hadiah dari kesempurnaan beliau yang tidak diketahui dan yang tersembunyi. Oleh sebab itu kita tidak memerlukan syuja`at (keberanian) di hadapan Syekh, adab yang benar adalah menyembunyikan diri kita dan bersikap rendah hati dan gemetar di hadapan haybat, kemegahannya, sebagaimana seorang hamba yang rendah berada di hadapan Sultan. Adab yang benar adalah merendahkan pandangan dan tidak melihat langsung pada wajah Mawlana. Ghadab atau kemarahan seorang Syekh akan memurnikan diri Anda dari kesalahan-kesalahan Anda tetapi berusahalah yang terbaik untuk menghindarinya.

Dan Allah Maha mengetahui,



Taher Siddiqui

http://eshaykh.com/sufism/i-feel-incompetent/

About Nazimiyya Indonesia

Naqshbandi Nazimiyya Indonesia adalah sebuah organisasi non profit yang mewadahi kegiatan jemaah Tarekat Naqsybandi Nazimiyya di Indonesia, di bawah bimbingan Mursyid Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani (q) dan khalifahnya, Mawlana Syekh Muhammad Hisyam Kabbani (q).

No comments yet... Be the first to leave a reply!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: